Join VSI Disini

SUPPORT VSI

Friday, April 26, 2013

Tayangan Memancing Menyakitkan

Rabu, 24 April 2013

MELIHAT tayangan acara memancing di sebuah televisi membuat saya tak nyaman. Ikan yang tertangkap mata kail itu dilepaskan lagi ke habitatnya. Tampaknya, acara memancing di televisi tersebut tidak bertujuan mendapatkan ikan, namun hanya bersenang-senang di atas derita ikan. Bagaimana mungkin, ikan yang sudah kesakitan dan berdarah-darah dilepaskan lagi? Apalagi dalihnya untuk melestarikan populasinya.
Tak berpikirkah bahwa bekas mata kail itu menyakitkan? Ikan harus berhari-hari menderita sampai luka sembuh? Bagaimana jika ia ternyata tak mampu bertahan dan mati sia-sia? Saya merasa ini adalah eksploitasi kesadisan mengatasnamakan hiburan.
Akan lebih bijaksana dan manusiawi bila ikan yang tertangkap dibawa pulang untuk dikonsumsi atau diberikan kepada orang yang membutuhkannya. Bisa juga, hasil tangkapan tersebut dijual dan hasil tangkapan tersebut disumbangkan kepada rakyat miskin. Itu lebih bermartabat daripada melepasnya lagi. Memancing lazimnya adalah bagian untuk menangkap ikan demi memenuhi kebutuhan. Jangan sampai makna memancing terdistorsi dengan hiburan yang menyakitkan itu.

Pengirim, YUSUF CAHYONO, Kaloran Lor, Giritirto, Wonogiri, Jawa Tengah.

No comments:

Post a Comment