Join VSI Disini

SUPPORT VSI

Tuesday, April 16, 2013

Menuju UNAS online

Senin besok ( 15/4 ) ratusan ribu siswa SMA sederajat di Jatim secara serentak mengikuti unas. UNAS selalu menjadi momok setiap pelajar sehingga muncul beberapa “penyikapan” yang “nyleneh” seperti yang terjadi di daerah pasuruan yaitu ritual mandi kembang dan penulisan rajah pada pensil.
Mekanisme yang selama ini dilakukan ternyata masih mengandung banyak faktor “human error” dan faktor spekulasi. Mulai dari pensil yang harus 2B yang kenyataannya dipasaran masih banyak beredar pensil 2B palsu. Kemudian lembar jawaban dan soal yang rawan kotor, robek dan basah serta cara menghitamkan lingkaran pada LJK yang harus “benar” yang dapat mengakibatkan “kegagalan” dalam pembacaan mesin scanner LJK.
Alangkah lebih baiknya jika UNAS dilakukan secara online sehingga beberapa faktor “human error” bisa diminimalisir bahkan dihilangkan. Dengan variasi jenis soal yang sangat banyak sehingga meminimalisir aksi “nyontek” teman sebelahnya dan hasil ujian bisa langsung diketahui secara “real time”. Saya rasa di era Teknologi Informasi seperti sekarang ini, kemampuan teknologi internet kita sudah mampu meng-handle UNAS online jika harus diadakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Kemudian dengan banyaknya jenis variasi soal online yang ada, maka apabila pelaksanaan UNAS tidak memungkinkan untuk diadakan secara serentak atau bersamaan tetap bisa dikatakan sesuai “standar nasional” karena jenis soalnya adalah soal yang sudah memenuhi standar nasional.

No comments:

Post a Comment