Join VSI Disini

SUPPORT VSI

Saturday, April 27, 2013

Agar Kambing Pakde Tak Sia-Sia

Jum'at, 26 April 2013

BEBERAPA minggu lalu di Lumajang, salah satunya di Desa Yosowilangun Kidul, diadakan pembagian kambing kacang untuk rakyat kecil. Selain kambing, bantuan dari Gubernur Jatim Soekarwo atau Pakde Karwo itu berupa becak dan alat tukang. Semua diberikan kepada masyarakat miskin. Repotnya, pagi dibagi, "sore" sudah banyak yang berpindah tangan alias dijual. Sebenarnya tujuan Pemprov Jatim sangat baik, ingin memberdayakan masyarakat dengan cara memberikan pancing, bukan ikan. Tetapi, tanpa pendampingan, pancingnya pun dijual dan dibelikan ikan.
Agar efektif, berdayakan dulu masyarakat menengahnya. Misalnya, peternak kelas menengah yang punya beberapa puluh ekor kambing diberi bantual bibit unggul seperti merino atau domba garut. Setiap peternak mendapat 10 ekor dan harus mengembalikan 20-30 ekor blasteran. Ternak blasteran itu dibagikan ke tetangganya yang miskin untuk dipelihara. Dia bertanggung jawab untuk membimbing tetangganya tadi yang akan menjadi plasma. Bibit unggul tetap dipelihara peternak besar karena mereka mampu.
Dengan begitu, tercipta kerjasama dan solidaritas ekonomi yang bisa menaikkan taraf hidup masyarakat miskin sekaligus meningkatkan populasi ternak untuk mewujudkan swasembada daging.

Pengirim : dr. SIGIT SETYAWADI, Pensiunan dokter, mengembangkan peternakan-pertanian di Lumajang ( sigit_wealth@yahoo.co.id)

No comments:

Post a Comment