Join VSI Disini

SUPPORT VSI

Wednesday, May 8, 2013

Perlu Dibentuk KPK di Kampus

Rabu, 8 Mei 2013

MERUJUK berita Jawa Pos (3/5), anak muda cenderung memilih "berdamai" dengan jalan korupsi. Padahal, mahasiswa kerap dimuliakan sebagai agen perubahan bagi sebuah negara. Ternyata, dari kampus, kita bisa mengerti banyak hal, termasuk belajar tentang korupsi. Bukan berarti secara eksplisit itu diajarkan. Hanya mahsiswa tertentu yang mendapatkan pembelajaran menjalankan korupsi, terutama sebagian mahasiswa yang bergerak di dalam organisasi kampus.
Di sini yang perlu disorot adalah organisasi kampus yang langsung berhubungan dengan sistem "pemerintahan" kampus, yakni HM ( Himpunan Mahasiswa ) atau BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa ). Mestinya, tempat itu jadi ajang latihan bernegara yang beradab. Memang, ada yang menggunakan cara yang benar, seperti mengadakan acara berbayar di kalangan mahasiswa, misalnya seminar atau lomba. Namun, ada yang menggunakan cara curang. Mengakali LPJ ( Laporan Pertanggungjawaban ) agar mendapat uang lebihan dari anggaran kampus memang sudah menjadi rahasia umum di dalam organisasi mahasiswa.
Sebaiknya, di semua kampus perlu dibentuk badan KPK ala kampus. Ini latihan memberantas korupsi juga. Tujuannya, negara ini tidak terus melahirkan mahasiswa berotak kancil ( dilansir dari kolom Gagasan, Jawa Pos, 3/5 ). Jika dibiarkan, dikhawatirkan setelah lulus, mereka lebih lihai dalam menggerakkan korupsi seperti dikisahkan di media-media.

Pengirim : ABU WAFA, Mahasiswa Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya ( Unesa )

Komentar admin :
  1. Ide ini terlalu berlebihan dan terlalu meng-generalisir 
  2. Selama nilainya masih dalam kewajaran, saya rasa masih bisa ditolerir. karena mahasiswa tidak digaji oleh kampus untuk menjadi "aktif" di kampus. Demi "menghidupkan" kampus mereka, tidak jarang mereka harus merogoh kocek mereka dulu. padahal mereka masih "dijatah" ortu.
  3. Sewaktu saya kuliah dulu, mengikuti kegiatan mahasiswa bisa dikatakan wajib. karena ada kredit pointnya sebagai salah satu syarat kelulusan. Itu berdasarkan "masukan" dari para alumni yang sudah bekerja di sebuah instansi. Dikatakan para alumni bahwa mereka yang sewaktu mahasiswa tidak aktif dalam organisasi mahasiswa, cenderung takut untuk menerima tawaran atau promosi jabatan sebagai minimal supervisor / manajer.
  4. Pembenahan negara ini bukan hanya dari manusianya saja, melainkan harus secara integral. Meliputi juga sistem yang dianut negara ini, Juga hukum di negara ini yang merupakan produk belanda. Sistem yang dianut negara ini adalah hasil copy paste dari negara lain.
Produk yang mantabz :

BLACKBERRY Z10 - Black

 

No comments:

Post a Comment