Join VSI Disini

SUPPORT VSI

Friday, May 3, 2013

Mengatasi Kantuk ala Pengemudi Non Perokok



MENGANTUK saat mengemudikan kendaraan adalah salah satu dari lima perilaku buruk pengemudi yang ikut andil dalam peningkatan jumlah kecelakaan di jalanan. Bagi pengemudi yang merupakan kategori perokok berat mungkin sudah punya penangkalnya yaitu mengemudi sambil merokok dan minum kopi. Terkadang juga masih ditambah lagi dengan minum minuman sejenis suplemen untuk mengtasi rasa kantuk. Namun, bagi pengemudi yang bukan termasuk kategori perokok berat maupun ringan seperti saya, opsinya cuman dengan makan permen atau minuman berenergi. Alih-alih menjaga pola hidup sehat dengan tanpa rokok, namun mengkonsumsi minuman berenergi dalam waktu yang lama juga tidak baik bagi kesehatan.
Setelah sekian lama saya coba berbagai cara untuk mengatasi rasa kantuk saat mengemudi, saya menemukan cara yang sehat dan murah yaitu “cuci muka” dan “gosok gigi”. Di dalam dashboard selalu saya bawa sabun untuk cuci muka dan sikat gigi plus pasta gigi. Begitu rasa kantuk menyerang saat mengemudi, segera saya cari spbu ataupun masjid terdekat untuk sekedar mencuci muka dan menggosok gigi dan sebagai seorang muslim jangan lupa tetap melaksanakan sholat walaupun di perjalanan. Setelah melakukan aktivitas tersebut rasa kantuk menjadi hilang  dan badan serasa segar kembali dan yang terpenting adalah praktis, ekonomis dan tanpa efek samping.

No comments:

Post a Comment