Join VSI Disini

SUPPORT VSI

Friday, May 3, 2013

Mendenda Pengencing Sembarangan

Sabtu, 04 Mei 2013

KETIKA saya mengantarkan turis asing melewati sebuah kawasan wisata religi di daerah Surabaya, tidak sengaja turis itu melihat suatu pemandangan yang sangat tidak elok. Padahal, daerah tersebut merupakan kawasan wisata religi. Mestinya para warga maupun wisatawan-wisatawan yang datang ke area tersebut lebih menjaga adab mereka. Saat itu, tepat di pinggir trotoar, ada seorang laki-laki yang kencing.
Dua orang turis yang saya antar tersebut sangat heran dengan apa yang baru saja mereka lihat. Di negara asal mereka, Belanda, maupun di negara-negara maju lain, pemerintahannya sangat tegas dalam memberlakukan sistem pemberian denda terhadap orang-orang yang berani kencing di sembarang tempat.
Saya yakin, Anda semua, khususnya perempuan, pasti sangatlah tidak senang melihat pemandangan seperti itu. Terlebih di tempat terbuka, seperti pinggir tol, kadang ada orang yang dengan cuek kencing, meski terlihat pelalu lintas. Padahal, toilet-toilet umum sudah ada dimana-mana.
Jelas perbuatan seperti itu pantas diharamkan karena merugikan lingkungan yang sangat berpengaruh pada kesehatan dirinya maupun orang lain. Bagi yang melihatnya dengan sengaja atau tidak sengaja, itu sudah termasuk "zina mata".

Pengirim : VIVI LINDAWATI, tour guide Surabaya Heritage Track.

No comments:

Post a Comment